IDRI Menyampaikan Aspirasi Dosen pada Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) – Komisi X DPR RI

JAKARTA – Ketua Umum Dr. Ryan Kurniawan dan Ketua Dewan Pendiri Ikatan Dosen RI (IDRI) Dr. Dian Utami Sutiksno mewakili aspirasi dosen Indonesia membeberkan hasil penelitian dengan responden dosen se-Indonesia  yaitu beberapa layanan dan inovasi dari Kemenristekdikti seperti Beasiswa Dosen, SINTA, Sertifikasi Dosen, Portal Garuda, SAPTO, dan SISTER dinilai membantu dan bermanfaat bagi Dosen.

“Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 5 hal permasalahan besar yang saat ini dihadapi Dosen, diantaranya gaji atau kesejahteraan, studi lanjut, birokrasi dan beban administrasi, publikasi internasional dan jejaring,” sebutnya.

IDRI mengapreasiasi kinerja Ristek Dikti tanpa menafikan permasalahan dosen di akar rumput.

Hal ini disampaikannya, saat Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) antara Komisi X DPR RI dengan Forum Rektor Indonesia (FRI), Majelis Rektor Perguruan Tinggi, Ikatan Dosen RI (IDRI), Forum Dosen Indonesia (FDI), dan Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) di Gedung Senayan I, Jakarta, Senin (19/3/2018).

“Terkait gaji dan kesejahteraan dosen diperlukan minimal gaji UMR sebab banyak dosen khususnya dosen PTS gajinya dibawah UMR. Juga penyesuaian sistem penggajian dosen dan meninjau kembali besar tunjangannya,” papar Dian.

IDRI DPR Komisi X 2018

 

Sementara untuk studi lanjut, ia meminta agar ada pendampingan persiapan studi lanjut dan dana maupun kuota beasiswa Dosen perlu ditambah.

“Kami juga meminta agar dilakukan survei tingkat kepuasan mahasiswa, dosen kampus terhadap layanan kampus dan Ristek Dikti, sedangkan untuk tim penilai dokumen usulan PAK perlu penyamaan persepsi,” ucap Dian agar beban administrasi dan birokrasi berjalan dengan baik.

Ikatan Dosen RI juga meminta untuk dikembangkan open science, open access dan kolaborasi untuk meningkatkan rangking perguruan tinggi Indonesia.

IDRI DPR Komisi X 2018

“Ristekdikti harus mampu mengayomi seluruh sivitas akademik dari Sabang – Merauke yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan serta jejaring kolaborasi riset perlu ditumbuhkan,” tandas Dian.

Pengurus Ikatan Dosen RI (IDRI) yang ikut hadir dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan Komisi X DPR-RI diantaranya Dr. Rachmat Hidayat (Ketua Dewan Pengawas), Dr. Dian Utami Sutiksno (Ketua Dewan Pendiri), Dede Hertina, M.Si dan Rika Rachmati, M.Si (Bendahara), Agung Purnomo MBA (IT Online) dan Dr. Hendrati Dwi Mulyaningsih (Kerjasama Internasional). (Js)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *